Walikota Tinjau UN di SD Pertiwi

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) hari pertama tingkat sekolah dasar (SD) di Kota Medan berjalan dengan baik dan lancar, tampak para siswa telah mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian yang berlangsung selama 3 hari tersebut. Hal ini diketahui saat WaliKota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin S, M.Si meninjau pelaksanaan UN di SD Pertiwi Jalan Budi Pembangunan, Kelurahan Pulo Brayan Kota, Kecamatan Medan Barat.

91IMG_8896a

Di sekolah tersebut digunakan 12 ruangan untuk melaksanakan UN, sedangkan jumlah siswa yang menjadi peserta UN sebanyak 225 orang. Dzulmi Eldin hadir yang hadir didampingi Kadis Pendidikan Kota Medan, Marasutan Siregar meninjau satu persatu ruangan ujian dan melihat para siswa yang tengah menunggu waktu ujian dimulai, sedangkan lembar soal dan jawaban sudah dibagikan oleh guru pengawas.

Di sela -sela melakukan tinjauan Walikota berpesan agar para siswa tidak perlu panik menghadapi ujian ini dan membaca soal dengan teliti sehingga apa yang dimaksud dalam soal dapat terjawab dengan baik. “Yang lebih penting lagi, sebelum ujian jangan lupa berdoa kepada Allah SWT. Insya Allah anak-anak semua akan diberi ketenangan dan kemudahan dalam menjawab seluruh soal yang diujikan. Yakinlah dengan kemampuan masing-masing, sebab soal-soal yang diujikan ini telah dipelajari selama ini,” kata Walikota.

83IMG_8902a
Tepat pukul 08.00 WIB, bel panjang PUN berbunyi tanda dimulainya ujian. Seluruh siswa langsung serius dan konsentrasi penuh membaca soal sekaligus menjawabnya. Untuk hari pertama, mata pelajaran yang diujikan Bahasa Indonesia, sedangkan hari kedua adalah matematika dan hari ketiga adalah IPA.

Eldin melihat umumnya para siswa tampak siap menghadapi UN tersebut. Kesiapan itu tidak terlepas karena mereka telah mempersiapkan diri dengan belajar maupun bimbingan yang telah diberikan oleh para guru. Disamping itu Eldin pun yakin masing-masing sekolah telah belajar dari UN-UN sebelumnya, sehingga hasil UN tahun ini tentunya ingin jauh lebih baik lagi dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Selain sudah mempersiapkan diri dengan baik, para siswa juga menyadari bahwa UN ini merupakan evaluasi akhir dari pelajaran yang mereka terima selama ini. Insya Allah pelaksanaan UN tingkat SD di Kota Medan tahun ini berjalan dengan baik dan lancar, serta hasilnya lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Sementara itu Kadis Pendidikan Kota Medan, Marasutan Siregar mengatakan, UN tingkat SD di Kota Medan diikuti sebanyak 44.191 siswa. UN berlangsung selama 3 hari ditambah ujian lokal yang juga berlangsung 3 hari. Marasutan berharap pelaksanaan UN tingkat SD ini berjalan dengan baik dan lancar seperti pelaksanaan UN tingkat SMA dan SMP yang telah berlangsung lebih dulu.

Hal yang sama juga diharapkan oleh Kepala Sekolah SD Pertiwi, Irwan Efendi Daulay S.Pd , dimana dirinya berharap agar pelaksanaan UN tingkat SD tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan tidak ada masalah sedikit pun dalam pelaksanaan UN di SD Pertiwi.

Selain itu dalam ujian hari pertama ini, Irwan menerangkan seluruh siswa dan guru pengawas hadir semua, lembar soal maupun jawaban pun tidak ada yang kurang. “Semua berjalan dengan lancar, kita harapkan kelulusan tahun ini 100 persen sama seperti tahun lalu,” ujar Irwan.

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan

Posted in: Pendidikan

Leave a Comment