Walikota Terus Ajak Warga Ramaikan Car Free Day

Jumlah warga yang mengikuti Car Free Day  setiap Minggu pagi di Lapangan Merdeka Medan terus bertambah. Minggu (28/8), kawasan lapangan bersejarah yang pada masa pemerintahan kolonial Belanda disebut Enladen ini pun dipenuhi warga. Dengan penuh antusias mereka bersama anggota keluarga masing-masing mengikuti rangkaian kegiatan olahraga yang digelar dalam rangka mendukung hari bebas kendaraan bermotor tersebut.

Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi bersama Wakil Wali Kota, Ir Akhyar Nasution MSi, Plh Sekda Kota Medan, Ikhwan Habibi Daulay serta unsur pimpinan SKPD, camat dan lurah juga ikut bergabung bersama masyarakat mengikuti Car Free Day. Sebagai bukti keseriusan Eldin mendukung program ini, mantan Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Medan tersebut tidak mengendarai mobil menuju Lapangan Merdeka, Eldin memilih mengayuh sepeda dari rumah dinas menuju lapangan yang telah digunakan sejak tahun 1880 tersebut.

Setibanya di Lapangan Merdeka, Wali Kota selanjutnya melepas warga yang mengikuti fun bike. Setelah itu Eldin pun ikut bersepeda bersama Akhyar serta pimpinan SKPD, camat dan lurah. Selain berolahraga, Eldin pun ingin memantau langsung wilayah-wilayah yang dilintasi, terutama menyangkut masalah kebersihan yang kini menjadi fokus perhatiannya. Begitu juga dengan parit dan drainase, mengingat saat ini mulai memasuki musim penghujan.

Tidak hanya fun bike, sebagian warga memilih mengikuti senam bersama yang merupakan kegiatan rutin setiap kali Car Free Day digelar. Apalagi instruktur senam kali ini berasal dari Jakarta, sehingga animo masyarakat yang mengikutinya semakin tinggi. Di samping itu ada juga warga yang ber-jogging mengelilingi Lapangan Merdeka dan menggunakan fasilitas peralatan olahraga yang sengaja disediakan Pemko Medan melalui Dinas Pertamanan untuk masyarakat.

Selain berolahraga, warga juga bisa menikmati hiburan musik. Sebab, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora)  selaku penyelenggara Car Free Day juga menyediakan panggung hiburan di Jalan Pulau penang, persisnya dekat pintu masuk Lapangan Merdeka. Di samping hiburan musik, warga juga menunggu pembagian sejumlah hadiah menarik yang dilakukan melalui lucky draw.

Wali Kota mengatakan, Car Free Day ini digelar untuk memberi ruang publik bagi masyarakat untuk berolahraga. Selain itu untuk mengurangi pencemaran udara yang disebabkan emisi buang kendaraan bermotor. Serta mengajak masyarakat untuk menjadikan olahraga sebagai budaya dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

“Yang tidak kalah pentingnya lagi, Car Free Day ini dapat dijadikan sarana merekatkan tali silaturahmi baik  itu antar sesama masyarakat maupun masyarakat dengan pemerintah. Kita tidak ingin ada jarak antara masyarakat dengan pemerintah. Medan adalah rumah kita, jadi mari sama-sama kita menjaga dan membangunnya sehingga menjadi lebih baik ke depannya,” kata Wali Kota.

Untuk itulah Eldin mengajak seluruh warga untuk terus meramaikan Car Free Day yang digelar rutin setiap Minggu. Kemudian dia minta kepada Dispora Kota Medan agar terus meningkatkan kualitas Car Free Day, sehingga event yang digelar dalam rangka untuk mengajak dan mensosilisasikan masyarakat agar mengurangi emisi gas buang ini semakin menarik perhatian. Dengan demikian lebih banyak lagi jumlah warga yang mengikutinya.

Sumber berita : http://humas.pemkomedan.go.id

Posted in: Masyarakat, Pemerintah

Leave a Comment