Walikota Medan Hadiri Upacara Peringatan Ke 71 Detik-Detik Proklamasi RI Tingkat Provinsi Sumut

Walikota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin S. M.Si dan Wakil Walikota Medan Ir. Akhyar Nasution menghadiri Upacara Peringatan ke-71  Detik-detik Proklamasi Republik Indonesia tahun 2016 tingkat Provinsi Sumatera Utara di Lapangan Merdeka Medan, Rabu (17/8/2016).  bertindak selaku inspektur Upacara Gubernur Sumatera Utara H. T. Erry Nuradi M.Si.

Pelaksanaan upacara diawali dengan memperdengarkan sirine selama satu menit tepat pukul 10.00 wib sebagai peringatan detik-detik proklamasi yang terjadi 71 tahun silam. Upacara dikomandani Letkol Infantri Difik Efendi yang menjabat Komandan Batalyon Raider 100 Prajurit Setia, alumni Akmil tahun 1999.

Selanjutnya, dilakukan pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara dan mengheningkan cipta. Kemudian Kakanwil Kemenag Sumatera Utara membacakan doa dan dilanjutikan dengan pengibaran bendera merah putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Provinsi Sumatera Utara.

Kelompok Utama Pasukan Pengibar Bendera Provinsi Sumatera Utara dipimpin Komandan Pasukan Letda Inf Irwan Yudha berasal dari Satuan Batalyon Infantri Raider 100 Prajurit Setia. Sedangkan Komandan Pengibar bendera adalah Gabriel Maruli Siregar asal SMA Swasta Unggul DEL, Balige.

Pembawa baki bendera adalah  Ririn Fatma Tampubolon asal SMAN 5 Pematang Siantar dan H. Sofia N Simanjuntak asal SMAN 2 Balige, sedangkan yang bertugas sebagai pengibar bendera Merah Putih adalah Syafri Kesuma Wardhana asal SMAN 2 Medan, Cristian Sidabutar asal SMA Plus Efarina Simalungun dan Norgansyah Silalahi asal SMA Methodist Pematang Siantar.

Gubsu kepada wartawan mengatakan hari Kemerdekaan merupakan momentum bagi Sumut untuk bangkit dari berbagai persoalan. “Ini adalah momentum keangkitan Provinsi Sumatera Utara, apalagi Sumut saat ini masih dalam sorotan, ini momentum yang tepat untuk memperbaiki diri kita masing-masing untuk mewujudkan Sumut yang lebih baik dan sejahtera.

Seluruh elemen masyarakat Sumatera Utara menurutnya harus selalu menjaga persatuan dan kesatuan demi kemajuan Provinsi Sumatera Utara. “Perbedaan adalah rahmat, keberagaman adalah kekuatan Sumatera Utara, mari terus kita jaga persatuan dan kesatuan,” ujar Gubsu.

Kepada generasi muda, Gubsu berpesan untuk selalu mengobarkan semangat nasionalisme dan semangat untuk meneruskan perjuangan para penahulu. “Kita harus teruskan cita-cita perjuangan para founding fathers, untuk mencapai tujuan masyarakat adil, makmur dan sejahtera,” imbuh Gubsu.

Dia juga menghimbau sluruh masyarakat Sumatera Utara bergembira untuk meriahkan HUT RI baik melalui kegiatan formal maupun berbagai keiatan lainya. “Berbagai olahraga tradisional yang unik dan biasa dilaksanakan perayaan hari kemerdekaan perlu terus dilakukan di lingkungan kita untuk menyemarakkan hari kemerdekaan,” katanya.

Upacara diikuti oleh peserta upacara yang terdiri pelajar, TNI, Polri, Aparatur Sipil Negara, organisasi kepemudaan dan masyarakat. Hadir unsur FKPD diantaranya Pangdam I BB, Kapolda Sumut, Kajati Sumut, konsul jenderal negara-negara sahabat, Pimpinan SKPD Pemprov Sumut dan SKPD Pemko Medan serta tamu undangan lainnya.

Selanjutnya Usai Upacara Peringatan ke-71 Detik-detik Proklamasi Republik Indonesia, Acara dilanjutkan dengan Penampilan atraksi genderang oleh gabungan anggota TNI Polri. Atraksi yang  mengkombinasikan permaianan alat musik tetabuh dan angklung  dari berbagai daerah melambangkan sinergitas TNI dan Polri.

Tampak Ribuan warga menyaksikan upacara peringatan detik-detik proklamasi di Lapangan Merdeka Medan. Warga berkumpul sejak pagi mengitari area upacara untuk menyaksikan upacara dan pengibaran bendera merah putih serta Atraksi Genderang Oleh TNI-Polri.

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan

Posted in: Pemerintah

Leave a Comment