Walikota Buka Gebyar Lomba Minat dan Budaya Baca

Minat baca di Kota Medan cenderung terbatas hanya pada membaca surat kabar. Harus ada upaya meningkatkan minat membaca buku yang memuat pengetahuan sehingga masyarakat menjadi cerdas, mampu bersaing dengan masyarakat lain dalam segala bidang.
“Karena itu kita sangat mengapresiasi kegiatan Gebyar Lomba Mnat dan Budaya Baca yang diselenggarakab Perpustakaan Kota Medan ini,” ujar WaliKota Medan Drs HT Dzulmi Eldin, S MSi diwakili Asisten Umum Ihwan Habibi Daulay SH MM, Rabu (27/7/2016) saat membuka Gebyar Lomba Minat dan Budaya Baca di halaman kantor Perpustakaan Kota Medan.

Di hadapan para peserta yang terdiri dari siswa TK, SD, SMP, SMA, dan para guru itu, WaliKota menyebutkan, minat baca merupakan faktor utama dalam meningkatkan kualitas masyarakat dalam segi pendidikan formal maupun informal. Indikator paling mudah untuk mengetahui tingginya minat baca adalah jumlah buku baru yang diterbitkan dan jumlah perpustakaan yang tersedia.
Dia menyebutkan, minat baca masih menjadi masalah yang belum terselesaikan hingga saat ini, padahal telah banyak usaha yang dilakukan dalam meningkatkan minat baca masyarakat. “Karena itu saya mengimbau agar kita semua membiasakan budaya membaca. Sangat disayangkan apabila kemampuan membaca masyarakat tidak diikuti oleh kebiasaan membaca, karena hal ini merupakan kegiatan multi manfaat,” ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Kantor Perpustakaan Kota Medan, Drs Januari Pane menyebutkan, Gebyar Lomba Minat dan Budaya Baca ini bertujuan untuk menciptakan anak didik yang terampil membaca dan meningkatkan motivasi serta mengembangan wawasannya.
“Kebiasaan membaca ini penting untuk menciptakan masyarakat membaca dan masyarakat pembelajar hingga terwujud Sumber Daya Manusia yang berkualitas,” ungkapnya.

Dia merincikan, dalam kegiatan ini, pihaknya mengada berbagai perlombaan untuk berbagai tingkatan. Tingkat TK digelar Lomba Mewarnai, Tingkat SD Lomba Bercerita Rakyat Sumut, Tingkat SMP Lomba Pidato Berbahasa Inggris, Tingkat SMA Lomba Menulis Karya Tulis Ilmiah. “Dan tahun ini, ada perlombaan baru , yakni Lomba Presenter Bahasa Inggris. Ke depan kita juga akan membuat lomba menulis resensi buku,” ungkapnya.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan

Posted in: Pemerintah, Pendidikan

Leave a Comment