Wakil Walikota Medan Buka Seminar Nasional Bahaya Rokok Bagi Generasi Muda

Masalah dampak asap rokok sudah menjadi isu penting dalam beberapa tahun terakhir. Sudah sangat banyak penelitian yang mempublikasikan bahaya asap rokok bagi si perokok itu sendiri maupun bagi orang-orang yang berada di sekitarnya , tidak terkecuali anak-anak remaja. Bahkan, remaja hari ini adalah calon pelanggan tetap rokok karena fenomena mayoritas perokok memulai merokok ketika remaja.

Hal ini disampaikan Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution MSi saat membuka seminar nasional dengan tema “menyelamatkan generasi muda dari bahaya rokok” di Hotel Arya Duta, Kamis (28/7/2016). Dengan tema besar yang diambil tersebut, Akhyar berharap seminar ini dapat di pahami dan menjadi motivasi kepada para peserta seminar untuk semakin peduli dan mengambil tindakan yang diperlukan guna mengurangi bahaya asap rokok.

“Saya berharap dengan adanya seminar ini nantinya kita dapat mengupayakan pembangunan kesehatan yang berkualitas melalui langkah-langkah promotif dan juga prefentif, guna mengurangi bahaya asap rokok dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,”harap Akhyar.

Disamping itu, Akhyar menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Medan telah mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) No.3 tahun 2014 tentang kawasan tanpa rokok (KTR) di Kota Medan, serta peraturan Walikota No. 35 tahun 2014 tentang petunjuk teknisnya. Namun, Akhyar menyadari bahwa implementasinya belum sepenuhnya berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu, perlu ada gerakan atau tindakan yang dilakukan agar dapat lebih mengoptimalkan pelaksanaan Perda ini. Untuk itulah, pada kesempatan ini Akhyar meminta kepada Instansi khususnya yang bergerak di bidang kesehatan agar dapat meningkatkan lagi komitmen untuk melaksanakan peraturan tentang KTR tersebut, dan wajib menerapkan kawasan bebas asap rokok di lingkungan kerjanya.

“Jangan segan-segan menegur para pelanggar perda ini, sekaligus mengambil tindakan tegas agar tidak diulangi kembali,”sambungnya.
Sebelumnya Direktur Yayasan Pusaka Indonesia Fatwa Fadillah menjelaskan seminar nasional ini bertujuan untuk menyelamatkan anak-anak remaja dari bahaya rokok. Tentunya dari seminar ini diharapkan akan menghasilkan ide-ide bersama sebagai upaya mengurangi asap rokok demi terwujudnya masyarakat yang sehat tanpa asap rokok.

“Kami sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak, khususnya pemerintah daerah untuk menciptakan kawasan yang terbebas dari asap rokok,”ujar Fatwa Fadillah.
Dalam seminar ini juga diundang narasumber yang berkompeten di bidangnya masing-masing diantaranya Prof. dr. Sutomo Kasiman, Dr. Kartono Muhammad, dan Arist Merdeka Sirait.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan

Posted in: Kesehatan, Pemerintah

Leave a Comment