Wakil Walikota Hadiri Peringatan HPS Ke 36 Tingkat kota Medan

Pangan merupakan kebutuhan manusia yang paling esensial. Untuk itu, ketersediaan pangan bagi masyarakat luas harus terjamin. Namun, untuk mencapai ketahanan pangan yang kuat, dibutuhkan tekad, kesungguhan, kerja keras, pendekatan sistematis dan koordinasi dari kita semua, baik dijajaran Pemerintah daerah maupun pusat, dunia usaha dan stakeholder di bidang pangan.

Hal ini disampaikan Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution Msi saat menghadiri peringatan hari pangan sedunia (HPS) ke 36 tingkat Kota Medan, di Lap. Pertiwi Medan, Jl. Bilal, Kec. Medan Barat, Kamis (11/8). Tampak hadir dalam peringatan HPS tersebut Kepala Balai Pom Kota Medan Ali Bata Harahap, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kota Medan Ir. Emilia Lubis, Tim Teknis ketahanan pangan kota Medan diantaranya Prof. Posma Sibuea, Prof. Bilter Sirait, Pimpinan SKPD dan Camat di jajaran Pemko Medan dan seluruh pengurus PKK sekota Medan.

Dalam sambutannya Akhyar menilai peringatan HPS ke 36 tingkat Kota Medan merupakan bagian dari sistem peringatan dini kepada semua pihak akan kecenderungan kebutuhan pangan tingkat daerah yang terus meningkat. Medan sebagai kota Metropolitan pasti menghadapi banyak tantangan seiring dengan pertambahan jumlah penduduk, urbanisasi, konversi lahan yang digunakan untuk pemukiman baru dan perubahan iklim yang telah nyata merubah keseluruhan jadwal tanam sampai ke masa panen. Untuk itulah Akhyar berharap peringatan HPS Ke 36 tahun ini dapat menjadi momentum guna membangkitkan terus ketahanan pangan berbasiskan sumber daya lokal.

“Sektor pertanian pangan kita didominasi oleh kegiatan pertanian rakyat yang skalanya kecil, namun jumlahnya sangat banyak, untuk itu penerapan hasil riset dan informasi teknologi pertanian pangan sangat diperlukan untuk dapat dikomunikasikan secara efektif kepada seluruh petani kita. Dengan hasil riset tersebut diharapkan mampu menjawab tantangan perubahan iklim yang terjadi saat ini,” kata Akhyar.

Sebelumnya Kepala Badan Ketahanan Pangan Kota Medan Ir. Emilia Lubis dalam laporannya mengatakan Peringatan Hari Pangan Sedunia ke 36 tahun tingkat kota Medan mengambil tema “membangun kedaulatan pangan berkelanjutan mengantisipasi era perubahan iklim”.

Peringatan HPS ini di isi dengan berbagai perlombaan diantaranya lomba cipta menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) berbasiskan sumber daya lokal, lomba masak serba ikan, dan lomba cerdas cermat B2SA.

“Selain itu kita juga memberikan bantuan sarana dan prasarana untuk usaha rumah tangga rawan pangan di kecamatan kota medan,” lanjut Emilia.

 

Sumber berita : http://humas.pemkomedan.go.id

Posted in: Masyarakat, Pemerintah

Leave a Comment