Ribuan Warga Medan Ikuti Car Free Day Perdana di Tahun 2017

Ribuan Warga Kota Medan banjiri kawasan Car Free Day (CFD) di jalan seputaran Lapangan Merdeka Medan, Minggu (12/3). Kegiatan Car Free Day perdana di tahun 2017 ini kembali digelar sebagai salah satu cara untuk mengurangi tingkat polusi udara yang disebabkan oleh kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat.

Warga yang telah berkumpul sejak pukul 06.00 Wib pagi tersebut sangat antusias untuk mengikuti program Pemko Medan ini, selain dapat melakukan senam jantung sehat yang telah digelar rutin di lapangan merdeka, warga juga dapat melakukan kegiatan olahraga lainnya seperti lari mengelilingi lapangan merdeka, bahkan anak – anak dari komunitas sepeda BMX dan Sepatu roda memanfaatkan moment CFD ini untuk berlatih mengasah kemampuan mereka.

Disamping itu Kegiatan CFD ini juga diisi dengan Sepeda santai yang dilepas Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi bersama Dandim 02/01 BS Kol Inf Bambang Herqutanto dan Kadispora Drs Marah Husin dengan mengambil start di jalan Pulau Penang. Para peserta sepeda santai ini berkeliling mengitari Kota Medan dengan menempuh jarak 10 Km dan kembali lagi ke Lapangan Merdeka.

Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengatakan, Car Free Day atau hari bebas kendaraan kini kembali hadir ditahun 2017 di Kota Medan dan akan menjadi agenda rutin tiap minggu pagi. Artinya warga dapat berkumpul di seputaran lapangan merdeka dan melakukan berbagai kegiatan berolahraga.

ÔÇťAcara ini bertujuan agar warga senantiasa terbebas dari polusi khususnya yang diakibatkan oleh asap kendaraan, sehingga warga Kota Medan dapat selalu menghirup udara yang bersih dan sehat. Artinya selain menjadi ajang kebersamaan, warga juga dapat terbiasa pola hidup sehat dengan berolahraga”, kata Walikota.

Eldin juga menambahkan, ia mengajak seluruh warga Medan, untuk gemar berolahraga karena hal tersebut sangat baik untuk kesehatan, dengan kegiatan olahraga senam jantung sehat yang dilakukan dalam kegiatan Car Free Day ini adalah sangat bagus bagi warga Medan untuk menjaga kesehatannya.

“Saya juga mengajak kepada warga Medan untuk menjaga kesehatan dan melestarikan lingkungan agar tetap bersih dengan bergotong royong minimal di depan perkarangan rumah masing – masing, dengan begitu seluruh warga akan bebas dari penyakit yang timbul jika lingkungan kotor”, Ajak Eldin.

Selanjutnya selain berolahraga, Warga juga dapat memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) kendaraan bermotor, sebab Polrestabes Medan melalui Satuan Lalu Lintas membuka loket keliling untuk warga yang akan melakukan perpanjangan SIM. Artinya warga yang disibukkan dengan rutinitas mereka dapat memanfaatkan fasilitas yang disedikan ini.

Sumber Berita : Dinas Kominfo Kota Medan

Posted in: Uncategorized

Leave a Comment