Pesona Budaya Mandailing Pukau Pengunjung PSB Kota Medan

Panggung seni dan budaya (PSB) Kota Medan yang digelar malam tadi, Sabtu (5/8/2017) kembali mendapat respon positif dari masyarakat kota Medan. Hal ini dapat terlihat dari antusias masyarakat yang menyaksikan pergelaran kesenian ini.

Dengan mengangkat tema semarak malam mandailing, pengunjung seakan dibawa kembali ke kampung halamannya. Para pengunjung dimanjakan dengan lagu-lagu khas mandaling seperti Kijom, rere mana rere, endeng-endeng, si togol, ketabo dan beberapa lagu lainya.

Tidak hanya pengunjung yang dibuat terpesona, Wakil Walikota Medan Ir. Akhyar Nasution M.Si yang hadir didampingi oleh sejumlah pimpinan SKPD dilingkungan Pemko Medan juga merasa terhibur menyaksikan kesenian yang ditampilkan.

Suasana malam itu pun semakin bertambah meriah, takalah seorang pengunjung yang bernama Yuni Br. Harahap diminta naik keatas panggung untuk bernyanyi. Dengan kemerduan suaranya, Yuni yang menyanyikan lagu sitogol dan ketabo mampu menghipnotis Wakil Walikota Medan beserta para pimpinan SKPD dan masyarakat untuk menari tor-tor bersama.

Usai menortor bersama Wakil Walikota Medan, para pengunjung kembali disuguhkan dengan tarian khas mandailing seperti tarian onang-onang, silat mandailing dan gordang 9.

Melihat antusias masyarakat yang begitu tinggi, Wakil Walikota pun menyampaikan apresiasinya kepada Dinas Pariwisata Kota Medan yang telah menyelenggarakan acara tersebut. Menurut Wakil Walikota, Dinas Pariwisata dibawah kepemimpinan Drs. Agus Suriyono telah mampu menyajikan hiburan seni dan budaya yang menarik bagi masyarakat. “Acara ini patut kita apresiasi, terlebih kepada Dinas Pariwisata, sebab telah mampu menyajikan hiburan kesenian yang menarik bagi masyarakat, sehingga ini menjadi hiburan yang baru bagi masyarakat Kota Medan.” kata Wakil Walikota.

Untuk itulah, Wakil Walikota meminta kepada Dinas Pariwisata agar mempertahankan event PSB ini dan mengemasnya dengan lebih menarik lagi. Selain menampilkan lagu dan berbagai tarian etnik, di PSB ini masyarakat juga dapat menikmati kuliner dan berbelanja oleh-oleh khas kota Medan.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan

Posted in: Masyarakat, Pemerintah, Seni

Leave a Comment