P4SU Bersihkan Parit Tersumbat Di Lingkungan XV Pulo Brayan Kota

Dalam upaya untuk menjadikan Kota Medan lebih bersih dan tertata lagi, Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi telah membentuk Petugas Pelaksana Pemeliharaan Prasarana dan Sarana Umum (P4SU) di seluruh kelurahan di Kota Medan. Masing-masing kelurahan memiliki 5 orang P4SU. Selain bertugas memelihara prasarana dan sarana umum, mereka juga sebagai inisiator pelaksana gotong royong di setiap lingkungan.

Sejak dibentuk Februari lalu, masyarakat pun mulai merasakan manfaat kehadiran P4SU tersebut. Setiap hari mereka turun membersihkan lingkungan maupun parit yang selama ini luput dari pembersihan. Berkat kehadiran P4SU ini, satu persatu wajah lingkungan di Kota Medan mulai berubah menjadi lebih baik.

Rabu (23/8) kemarin, P4SU turun membersihkan parit di Jalan Kol L Yos Sudarso, Lingkungan XV Kelurahan Pulo Brayan Kota, Kecamatan Medan Barat. Mereka melakukan pengorekan parit yang telah mengalami sedimentasi akibat sudah lama tidak dikorek. Akibatnya jalan maupun halaman rumah warga selalu menjadi langganan genangan air setiap kali hujan deras turun lantaran parit tidak berfungsi lagi.

Walaupun hanya menggunakan peralatan manual seperti cangkul, penggaruk dan sekop namun hasil kerja P4SU sangat maksimal. Sebelum melakukan pengorekan, mereka lebih dulu mengangkat beton penutup permukaan parit. Setelah terbuka, lumpur langsung dikorek dari dasar parit. Selanjutnya lumpur hasil korekan langsung diangkat menggunakan beko dua roda sehingga pinggiran parit tidak terlihat jorok.

Warga pun sangat mengapresiasi kinerja P4SU. Jika rutin melakukan pengorekan, mereka yakin kawasan mereka akan bebas dari genangan air. “Jika P4SU turun melakukan pembersihan parit kembali, kami siap membantu mereka. Berkat kerja mereka, parit kami sudah lancar kembali,” ungkap salah seorang pria paro baya mewakili warga sekitar.

Oleh karena itu tambah pria itu lagi, seluruh warga Lingkungan XV, Kelurahan Pulo Brayan Kota ini mengucapkan terima kasih atas gagasan Wali Kota membentuk P4SU. Sebab, kehadiran P4SU sangat membantu membersihkan lingkungan tempat tinggal mereka. “Jika P4SU aktif di seluruh kelurahan, insya Allah Kota Medan akan lebih bersih dan tertata lagi ke depannya,” paparnya.

Camat Medan Barat, Rudi Fasial Lubis mengatakan, seluruh P4SU yang ada di seluruh kelurahan yang ada di Kecamatan Medan Barat siap diturunkan untuk membersihkan lingkungan, termasuk melakukan pengorekan drainase. “Jika ada lingkungannya yang membutuhkan pembersihan, bisa langsung disampaikan sehingga tim P4SU langsung diturunkan,” jelas Rudi.

Sumber berita : http://humas.pemkomedan.go.id

Posted in: Pemerintah

Leave a Comment