Kelurahan Silalas Masuk Nominasi Kelurahan Terbaik Tingkat PROVSU Tahun 2016

Kelurahan Silalas, Kecamatan Medan Barat masuk nominasi Perlombaan Kelurahan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2016. Hal ini diketahui saat Tim Penilaian dari Provinsi Sumatera Utara yang berjumlah 7 orang mengunjungi Kelurahan Silalas dan bertatap muka langsung dengan masyarakat Kelurahan Silalas, Kamis (2/6/2016) di Halaman Kantor Lurah Silalas Kecamatan Medan Barat, Jl.Kelapa. Kehadiran tim penilai yang diketuai Dra.Safiaddar Turisumiarni, MAP sebagai Ketua Tim Penilai dan anggota Bobbi Darmansah, SE, M.Si, Hendrik Sianturi, Drs Rbyat, Heddi Manurung, S.Sos, Hanafi Umri dan Aslina Damanik, S.Kom, disambut langsung oleh Walikota Medan yang diwakili Asisten Pemerintahan Drs Musaddad, M.Si, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat H. Dammikrot, S.Sos, M.Si, Camat Medan Barat, Rasyid Ridho Nasution, S.STP, dan tentunya Lurah Kelurahan Silalas Baharuddin Ritonga, S.STP.

Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S, M.Si dalam arahannya yang dibacakan Asisten Pemerintahan Umum mengucapkan selamat datang kepada Ketua Tim beserta rombongan penilaian Kelurahaan Tingkat Provinsi di Kelurahaan Silalas Kecamatan Medan Barat.Tentunya kedatangan Tim Penilai diharapkan, dapat memberikan masukan sehingga Kelurahaan Silalas dapat menjadi juara dalam perlombaan kelurahan terbaik Provinsi Sumatera Utara. Kelurahaan SilalaS, dalam hal ini telah banyak menunjukkan eksistensinya sebagai pelaksana kewenangan pemerintahan di tingkat Kelurahan. Lebih lanjut Eldin menyampaikan, berdasarkan laporan yang sudah diterima, Kelurahaan Silalas ini sangat berhasil dalam hal pemberdayaan masyarakat, serta secara bersama-sama menjaga kebersihan, ketentraman dan keamanan lingkungan, sehingga menjadi salah satu Kelurahan terbaik di tingkat Kota Medan. Baru-baru ini juga Kelurahan Silalas menjadi pemenang dalam perlombaan penghapusan tingkat Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

“Untuk itu, saya memberikan apresiasi dan mengucapkan terimakasih atas dedikasinya serta kinerja Lurah beserta seluruh jajarannya , begitu juga dengan Tim Penggerak PKK Kelurahan, dan terkhusus terimakasih saya kepada masyarakat Kelurahaan Silalas yang telah berpartisipasi dalam pembangunan Kota Medan selama ini, saya menilai Kelurahan Silalas cukup pantas untuk masuk menjadi salah satu nominasi kelurahaan terbaik di tingkat Provinsi Sumatera Utara. ‘ Ujar Eldin.
Eldin berharap, kedepan Kelurahan Silalas ini, dapat terus berupaya meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat, serta lebih menggali lagi potensi –potensi yang ada di masyarakat guna mendorong percepatan pembangunan kota yang lebih baik melalui program-program pemberdayaan masyarakat.

Dra. Safiaddar selaku Ketua Tim Penilai mengatakan mereka datang untuk mengevaluasi, bukan untuk menilai, karena yang memberikan penilaian adalah Kelurahan itu sendiri. Setelah Kelurahan itu sendiri menilai kinerjanya kemudian dievaluasi oleh Kecamatan, setelah itu dievaluasi tingkat Kota, selanjutnya dievaluasi tingkat Provinsi seperti sekarang ini.
Safiaddar, meminta kepada Lurah Silalas, Baharuddin Ritonga, S.STP untuk mengekpos kegiatan-kegiatan yang akan dievaluasi antara lain bidang pemerintahan, kemasyarakatan, indikator pelayan kesehatan, program KB, kebersihan serta partisipasi masyarakat kelurahan.

Setelah itu Baharuddin Ritonga, S.STP selaku Lurah Silalas menyampaikan eksposenya tentang Kelurahan Silalas. Dalam eksposenya Baharuddin mengatakan Kelurahan Silalas terdiri dari 12 lingkungan yang dihuni sebagian besar pemukiman penduduk dan sebagian lagi perdagangan dan perkantoran, Kelurahan Silalas ini berlokasi ditengah Kota Medan sehingga Kelurahan Silalas menjadi tempat yang ideal bagi penduduk asli maupun pendatang yang ingin bermukim ataupun berdagang.

“Di kelurahan ini juga terdapat sekolah mulai dari tingkat Paud hingga perguruan tinggi,”lanjut Baharuddin
Selain itu perkembangan Kelurahan Silalas sangat dipengaruhi oleh keterlibatan partisipasi masyarakatnya yang aktif bersama-sama melakukan kegiatan sosial dan pembangunan seperti gotong royong, menjaga kebersihan lingkungan, pembuatan taman-taman, serta pembinaan karang taruna dan UMKM. Sementara itu dalam kesempatan ini Ketua TP PKK Kelurahan Silalas juga menyampaikan keberhasilan-keberhasilan 10 program pokok PKK yang telah dilaksanakan di Kelurahan tersebut.

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan

Posted in: Pemerintah

Leave a Comment