Car Free Day Diisi Peringatan Hari Thalassemia Sedunia 2016

Seribuan warga menghadiri Car Free Day di Jalan Sudirman Medan, persis depan rumah dinas Walikota, Minggu (15/5). Hari bebas emisi ini juga dirangkaikan dengan peringatan Hari Thalassemia Sedunia 2016. Melalui peringatan ini seluruh warga diajak untuk mencegah penyakit thalassemia. Itu sebabnya selain kegiatan olahraga, Car Free Day juga diisi dengan pemeriksaan kesehatan, donor darah serta screening darah.
Walikota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi sangat mengapresiasi kegiatan ini. Selain mengajak masyarakat gemar berolahraga, juga diingatkan untuk selalu hidup sehat sehingga dapat menjalankan aktifitas rutin dengan baik serta meningkatkan terus peran sertanya dalam mendukung pembangunan di Kota Medan.
Eldin memilih olahraga bersepeda dalam Car Free Day ini bersama Wakil Walikota Medan, Ir. Akhyar Nasution, M.Si serta pimpinan SKPD serta Camat. Sedangkan warga kebanyakan memilih senam bersama yang dipandu sejumlah instruktur. Apalagi usai senam telah tersedia sejumlah hadiah menarik yang disediakan Bank Syariah Mandiri (BSM) selaku penyelenggara Car Free Day bersama Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Medan.
Selain bersepeda dan senam bersama, Car Free Day juga diisi dengan lomba melukis serta menampilkan stand aneka kuliner jajanan tradisional. Warga tampak antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Car Free Day, termasuk mengikuti donor darah, pemeriksaan kesehatan dan screening darah.
“Saya mengajak masyarakat untuk membudayakan olahraga dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itulah setiap minggunya kita sediakan kawasan Jalan Sudirman ini menjadi tempat olahraga. Di samping itu sejumlah taman yang kita miliki juga telah dilengkapi dengan fasilitas olahraga, termasuk mushala sehingga tetap bisa menunaikan shalat meski tengah berolahraga,” kata Eldin.
Selanjutnya menyikapi peringatan hari Thalassemia Sedunia 2016, Eldin mengajak seluruh warga untuk mencegah penyakit kelainan darah yang disebabkan faktor genetika sehingga protein dalam darah (hemoglobin) tidak berfungsi secara normal. Akibatnya tingkat oksigen dalam tubuh penderita thalassemia lebih rendah.
“Saya yakin di kalangan masyarakat pada umunya belum mengenal dan memahami penyakit thalassemia ini. Padahal penyakit ini bila tidak tertangani dengan serius bisa berakibat fatal bagi penderitanya. Untuk itu melalui peringatan ini saya mengajak masyarakat untuk mencegah penyakit thalassemia ini. Kepada seluruh jajaran Dinas kesehatan Kota Medan agar mensosialisasikan penyakit ini sehingga masyarakat mengetahui dan bisa mencegahnya,” ungkapnya.
Sebagai bentuk kepedulian terhadap penyakit thalassemia ini, Eldin di kesempatan itu menyerahkan bingkisan kepada penderita thalassemia yang diserahkan secara simbolis kepada dua anak. Dengan pemberian bingkisan itu, Eldin berharap para penderita thalassemia lebih termotivasi dan semakin cepat sembuh.
Car Free Day dipungkasi dengan pemberian sejumlah hadiah menarik diantaranya televisi, kipas angin, rice cooker, dispenser, kulkas, setrika serta blender yang dibagikan kepada peserta melalui lucky draw. Setelah pembagian hadiah selesai, warga pun meninggalkan lokasi dan kawasan Jalan Sudirman yang ditutup mulai pukul 06.00 WIB kembali dibuka sekitar pukul 10.30 WIB.

 

Sumber berita : http://www.humas.pemkomedan.go.id

Posted in: Kesehatan

Leave a Comment