BBMKG Prakirakan Musim Kemarau di Sumut Hingga Pertengahan Agustus

Sebagian besar wilayah Indonesia mengalami anomali cuaca, namun untuk wilayah Sumut, Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I prakirakan tidak masuk dalam anomali cuaca yang dimaksud.

Cuaca di Sumut masih musim kemarau diwarnai hujan dengan intensitas ringan hingga sedang untuk daerah Pantai Timur, Pantai Barat, lereng pegunungan. Hujan tersebut terjadi diprakirakan pada waktu sore dan malam hari.

“Tidak masuk anomali cuaca. Sumut masih musim kemarau diwarnai hujan dengan intensitas ringan hingga sedang untuk pantai timur, pantai barat, lereng pegunungan,” kata Kepala Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah I, Sunardi SKom kepada wartawan di Medan, Rabu (27/7).

Pihak BBMKG memprakirakan musim kemarau sampai pertengahan Agustus 2016. Kecepatan angin saat berlangsung hujan berpotensi 20 knot. Begitu juga dengan angin puting beliung masih berpotensi di wilayah Medan, Langkat dan lereng pegunungan. Ia menginformasikan bahwa longsor potensi rendah.

Suhu udara, lebih lanjut dikatakan Sunardi, dari 30 derajat celsius sampai dengan 35 derajat celsius. “Gelombang untuk perairan Nias-Sibolga 1.5 sampai dengan 3.0 meter, pantai timur 0.5 sampai dengan 1.5 meter,” tambah Sunardi.

Sumber : hariansib.com

Posted in: Uncategorized

Leave a Comment