Antusiasme Warga Medan Ikut Senam Jantung Sehat Semakin Tinggi

Himbauan Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi dan Ketua TP PKK Kota Medan, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin mengikuti senam jantung sehat setiap Minggu di Lapangan Merdeka Medan disambut positif warga. Terbukti, antusiasme warga untuk mengikutinya cukup tinggi. Minggu (15/1), ribuan warga dari seluruh penjuru Kota Medan memenuhi lapangan bersejarah di Kota Medan itu dengan penuh semangat mengikuti senam jantung sehat tersebut.

Tingginya animo masyarakat mengikuti senam jantung sehat yang digagas Ketua TP PKK Kota Medan bekerjasama dengan Yayasan Jantung Indonesia (YSI) ini penting bagi kesehatan terutama jantung, tak terlepas akan besarnya manfaat senam ini untuk kesehatan jantung. Itu sebabnya terlihat sangat serius mengikuti arahan maupun gerakan dari lima instruktur yang sengaja diturunkan untuk memandu senam jantung sehat tersebut.

Berdasarkan amatan, peserta jantung sehat ini umumnya didominasi warga berusia paro baya baik wanita maupun pria. Hal ini tidak terlepas karena performa jantung akan berkurang pada saat usia sudah tidak muda lagi. Oleh karenanya jika dilakukan secara rutin, gerakan-gerakan senam jantung sehat akan bermanfaat untuk merawat sekaligus menjaga kesehatan jantung.

Senam jantung sehat ini dimulai sekitar pukul 06.30 Wib. Begitu tiba di lokasi, Wali Kota beserta Ketua TP PKK Kota Medan yang juga pengurus YSI Sumut langsung bergabung dengan ribuan masyarakat mengikuti senam jantung sehat. Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi, sejumlah pimpinan SKPD, camat, lurah dan kepala lingkungan juga mengikuti senam jantung sehat.

Kehadiran Wali kota dan Wakil Wali Kota beserta seluruh jajaran semakin memotivasi warga mengikuti senam jantung sehat. Mereka pun berharap agar senam jantung sehat ini terus rutin dilakukan setiap minggunya. Selain dapat menjaga kesehatan jantung, kegiatan ini juga dapat digunakan untuk mempererati silaturahmi antara warga dengan seluruh jajaran Pemko Medan.

Keinginan warga ini diamini Wali Kota. Jika pun Car Free Day kembali digelar, senam jantung sehat ini tetap dilaksanakan setiap minggunya. Sebab, Eldin menilai seluruh gerakan yang dilakukan dalam senam ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terutama jantung. Pasalnya, gerakan senam ini dapat memperlancar aliran darah dalam tubuh.

“Penyakit jantung terjadi akibat terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah yang berasal dari kolesterol maupun lemak. Insya Allah melalui gerakan-gerakan yang dilakukan dalam senam jantung sehat ini, pembuluh darah yang tersumbat akan lancar kembali. Untuk itu senam jantung sehat ini harus rutin dilakukan. Jadi kembali saya mengajak warga Kota Medan untuk rutin mengikuti senam jantung sehat setiap Minggu di Lapangan Merdeka ini,” kata Wali Kota.

Ungkapan senada disampaikan Hj Rita Maharani. Selaku pengurus YJI Indonesia, Hj rita menjelaskan senam jantung sehat ini sangat penting sekali bagi kesehatan jantung. Atas dasar itulah dirinya tak akan pernah bosan untuk menghimbau maupun mengajak warga Kota Medan agar rutin mengikuti senam jantung sehat ini.

“Saya terus memberikan pemahaman dan mengajak warga Kota Medan tentang pentingnya akan kesehatan jantung. Seperti kemarin dalam kegiatan pengajian sejuta umat di rumah Dinas Wali Kota, saya mengajak ibu-ibu pengajian untuk datang dan mengikuti senam jantung untuk menjaga sekaligus merawat kesehatan jantungnya. Apalagi anggota pengajian sejuta umat umumnya ibu-ibu berusia paro baya,” ungkap Hj Rita.

Sumber berita : http://humas.pemkomedan.go.id