Peringatan HUT RI ke -70

72pawai

Ribuan masyarakat Kota Medan begitu sangat antusias menyaksikan pawai pembangunan yang rutin diselenggarakan Pemerintah Sumatera Utara pada setiap perayaan Hari ulang tahun kemerdekaan RI. Seperti yang  terlihat, Senin (17/8), masyarakat telah memadati ruas jalan yang akan dilewati pawai pembangunan yang digelar dalam rangka peringatan HUT RI ke -70.Pawai Pembangunan ini dilepas Plt Gubsu Ir HT Erry Nuradi MSi dan dihadiri Plh Wali Kota Medan Ir Syaiful Bahri Lubis serta FKPD Sumut. Sebelum melepas Plt Gubsu menerima laporan dari komandan Pawai yang dipercayakan kepada Asisten Pemerintahan Kota Medan. Selanjutnya Plt Gubsu bersama Plh Walikota Medan Ir Syaiful Bahri dan unsur FKPD Sumut  menerima para peserta pawai dari atas panggung dengan melambaikan tangan.Pawai pembangunan tersebut merupakan kerjasama antara Pemko Medan dan Pemerintah Provinsi Sumatera  Utara  (Pemprovsu). Pawai jalan kaki maupun kenderaan hias ini akan dimulai sekitar pukul 13.00 WIB.

Pawai jalan kaki ini diikuti oleh iring-iringan pembawa benderah merah putih, barisan pembawa bendera kabupaten/kota, drum band TNI AD, parade perjuangan angkatan darat, angkatan laut, angkatan udara dan Polri.

Kemudian drum band  TNI AU, Kopri Provinsi  Sumut, Kopri Kota Medan, PKK Kota Medan, KNPI Kota Medan, KONI Kota Medan, Karang Taruna Kota Medan, dan Pramuka Kota Medan. Pawai melibatkan SKPD di jajaran Pemprovsu , pemerintah kabupaten dan kota se-Sumut, BUMN, BUMD ,  para pelajar dan mahasiswa.

Sedangkan untuk pawai kendaraan hias, peserta berasal dari SKPD di lingkungan Pemprovsu dan Pemko Medan. Sejumlah mobil hias yang berasal dari beberapa Dinas di Lingkungan Pemko Medan yang ikut menambah suasana meriah dalam pawai pembangunan tersebut. Salah satunya mobil hias dari Dinas Pendapatan Kota Medan yang menampilkan penyanyi diatasnya dan Dinas Kominfo Kota Medan yang menampilkan pasangan dengan mengenakan baju adat.

Selain itu, terdapat juga hal menarik dan menjadi sorotan masyarakat, yakni mobil hias dari Dinas Kesehatan Kota Medan, dimana dokter kecil yang mengikuti pawai turun dari mobil dan mengkalungkan bunga kepada Plt Gubernur sumatera utara dan Ibu.

Adapun Rute yang akan dilalui para peserta  pawai pejalan kaki dimulai start dari Lapangan benteng-Jalan Pangeran Diponegoro – Jalan Sudirman (belok kiri) dan finish di Jalan A Rivai. Sedangkan rute pawai kenderaan hias diawali dengan start  Lapangan benteng-Jalan Diponegoro – Jalan Walikota – Jalan Juanda – Jalan Sisingamangaraja dan finish di Lapangan Teladan.

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan
Posted in: Masyarakat, Pemerintah, Wisata

Leave a Comment